Selasa, 27 Oktober 2015

TES PSIKOLOGI



CONTOH SOAL TEST MASUK PNS DAN PERUSAHAAN






Tes psikologi terdiri dari tes kemampuan intelegensi dan dan tes kepribadian.

Tes psikologi dilakukan untuk mengukur kemampuan intelektuan dan emosional seseorang dengan dengan cara yang sangat ilmiah.

Pada dasarnya tes ini memerlukan konsentrasi dan ketenangan pikiran dan hati.

KUNCI pokok untuk sukses dalam tes psikologi intelegensi cukup mudah, asal rajin berlatih, membaca dan mengerjakan soal-soal latihan sehingga akan menguasai model, bentuk, dan ragam soal.

1. Tes Kepribadian

Tes kepribadian untuk mengungkap kepribadian seseorang, kekuatan, dan kelemahan dari beberapa sipat yang dimiliki oleh pelamar.

Anda harus bersikap jujur apa danya apabila ingin menilai diri anda sendiri secara obyektif, sehingga pekerjaan yang anda cari sesuai dengan kapasitas dan kepribadian.

Jenis tes psikologi kepribadian yang biasa diadakan oleh Bank dan Perusahaan adalah:







A.  TES MENGGAMBAR

Tes psikologi kepribadian jenis menggambar bertujuan untuk menguji kemampuan logika ruang seseorang. Tes ini meliputi keserasian hubungan gambar, pengelompokan gambar, banyangan gambar, dan identifikasi gambar.

a. Menggambar Manusia.

Tes psikologi kepribadian jenis menggambar ini perintahnya - menggambar manusia secara utuh. TIPS: gambarlah manusia secara utuh dari kepala sampai sampai telapak kaki dengan tidak menghilangkan sebagian dari seluruh tubuh. Perlihatkan dengan jelas ekspresi wajah , jenis kelamin, profesi dan detail latar belakang.

b. Menggambar Rumah.

TIPS : gambarlah rumah yang sehat ada atap, pintu, jendela, pagar dan sebagainya.

c. Menggambar Pohon.

Caranaya : gambarlah sedetail mungkin, ada akar, batang, ranting, daun bunga atau buah.Dan diberi variasi latar belakang supaya tidak gersang. tidak boleh menggambar pohon yang tidak punya batang.

d. Melanjutkan Gambar [tes WARTEGG]

Caranya : gambar yang baik adalah gambar yang utuh, mendetail, relevan dengan obyek gambar. dengan akan terlihat orang yang menggambar adalah orang yang kaya imajinasi, kreatif, dan intelektual.Tetapi jangan mengaburkan obyek utama. Contoh gambar,  









B. TES KUESIONER

Tes psikologi kepribadian jenis tes kuesioner ini biasanya memakai jenis Edward Personel Preference schedule [EPPS] tersusun atas puluhan sampai ratusan pertanyaan terkait dengan kecenderungan dan perasaan individu. Anda harus memilih yang paling sesuai dengan keadaan diri anda. Tes ini tidak ada jawaban yang benar atau salah. Tapi untuk jenis kepribadian yang cocok dengan suatu pekerjaan.

Kalau tes ini diadakan dalam bentuk diskusi. Caranaya Utarakan argument anda secara santun tidak emosional, jelas dan mudah dimengerti, tidak berbelit-belit.

Contoh soal Tes Psikologi kepribadian

Pililah salah satu jawaban yang paling sesuai dengan keadaan dan kepribadian anda.

1.  a. Saya suka bekerja tanpa diganggu orang lain.
     b. Kadang-kadang saya berkeringat dingin
ketika sedang berbicara di depan umum.

2.  a. Saya syka memimpin suatu rapat jika ada kesmpatan.
     b. Saya suka membaca riwayat hidup oaring-orang yang terkenal.

3. a.Kadang-kadang tidur saya merasa tidak nyenyak.
    b. Saya menikmati hidup dengan enjoy.

4. a. Saya merasa bangga bila pendapat saya diakui dan didukung oleh teman-teman saya di kantor.
    b. Saya merasa pekejaan saya merasa tergangu.

5. a. Kadang-kadang kesehatan saya terganggu.
    b. Saya rajin beribadah.

6. a. Saya suka bertamasya dengan dengan teman-teman.
    b. Saya suka mengerjakan pekerjaan rumah.

7. a. Saya ingin melakukan setiap pekerjaan sebaik mungkin.
    b. Saya suka menolong teman-teman saya bila mereka mengalami kesulitan.

8. a. Saya ingin setiap pekerjaan saya teleti, rapi dan tersusun dengan baik.
    b. Saya ingin menjadi ahli yang diakui dalam salah satu pekerjaan.

9. a. Saya suka menceritakan cerita lelucon dalam pesta.
    b. Saya ingin menulis novel yang hebat.


2. Tes psikologi Intelegensi

Tes intelegensi adalah bagian dari tes psikologi mencakup beberapa tes, seperti : Sinonim, Antonim, Tes analogi, Tes deret huruf, Tes gambar, Tes acak kata, Tes deret angka dan Tes matematika.

Contoh tes deret angka dan matematika klik disini